Cara merawat kaos polos berwarna gelap

PicsArt_09-05-01.25.18

Bukan putih karena cepat kotor, demikian alasan banyak orang cenderung lebih memilih kaos berwarna galap atau hitam. Meski demikian, dalam hal perawatan, kaos polos atau kaos sablon berwarna hitam biasanya memiliki teknik khusus. Karena jika disepelehkan, bisa jadi hal ini akan berdampak buruk pada kualitas kain (kaos), yang cepat lusuh dan tidak sesuai harapan.

Tak hanya kaos, baju, kemeja atau celana gelap atau hitam sering diplih karena warnanya yang tak gampang pudar. Kotoran yang menempelpun kadang tersamarkan karena warna gelap, berbeda saat Anda memakai baju berwarna putih atau cerah. Sayangnya, keinginan untuk tampil prima dengan kaos berwarna gelap atau hitam sering berujung kekecewaan karena warna yang pudar, atau bercak putih karena satu dan banyak hal (Salah satunya karena keringat.

Biasanya, seperti jenis kaos polos yang lain, semakin sering baju dicuci, maka akan semakin tinggi risiko kerusakan pada kain. Dan hal ini lumrah terjadi, meski demikian, jika Anda melakukan beberapa trik, hal ini bisa diminimalisir, sehingga baju berwarna gelap pun akan memiliki warna tetap cemerlang meski dicuci beberapa kali.

Tips yang pertama adalah dalam hal mencuci. Tak berbeda dengan jenis baju berwarna lain, mencuci kaos atau pakaian berwarna gelap biasanya harus disertai dengan beberapa langkah yang baik dan benar. Salah satunya, merendam pakaian tak lebih dari 15 menit. Jika terlalu cepat, bisa jadi proses penyucian tak tuntas. Tapi jika terlalu lama, bisa jadi warna gelap pakaian akan memudar.

Selain dalam hal perendaman, hal paling penting dalam proses pencucian adalah pengguaan produk deterjen. Tak semua produk cocok untuk mencuci untuk semua jenis pakaian. Begitu pula jenis deterjen yang harus sesuai dengan kebutuhan untuk mencuci kaos polos dengan warna tertentu. Tipsnya, gunakan produk deterjen untuk pakaian berwarna. Dan hindari deterjen dengan bahan pemutih, karena hal ini akan membuat warna pakaian menjadi pudar.

Tak bisa disepelehkan, dalam hal menjemur, Anda juga harus memperhatikan satu dan beberapa hal. Diantaranya, membalik pakaian (Dalam untuk luar dan sebaliknya) saat menjemur. Hindari sengatan matahari ekstrem dan segera ambil pakaian jika dirasa telah benar-benar kering. Karena seperti merendam, terlalu lama terpapar sinar matahari hanya akan membuat warna pakaian cepat pudar. Selain itu, hal ini juga akan merusak serat kain pada pakaian, dan membuat pakaian mudah rusak.

Tak hanya mencuci, beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan dalam merawat baju berwarna gelap adalah dalam hal menyetrika. Biasanya, proses ini bertujuan untuk menghilangkan kusut pada pakaian. Sayangnya, banyak orang kurang menyadari jika proses ini dapat berbuah malapetakan jika kita tidak memantau panas setrika yang pas.

Disadari atau tidak, paparan setrika yang terlalu panas dan lama akan membuat serat pakaian cepat rusak, begitu juga dengan warnannya. Untuk menghindari hal tersebut, dalam hal ini Anda harus mengatur suhu medium pada setrika, sehingga tidak terlalu panas. Dan seperti menjemur, proses menyetrika sebaiknya dilakukan dengan membalik baju untuk disetrika. Lalu balik kembali saat baju hendak dilipat.

Tips terakhir adalah dalam hal menyimpan. Hindari penggunaan pewangi dan cologne saat menyimpan baju. Karena bahan alkohol di dalamnya hanya akan membuat warna baju kurang cemerlang dan pudar.

PicsArt_09-05-01.25.18.jpg