Cara mengecilkan kaos berbahan cotton

KAOS POLOS BLACK ABH

Desain dan model kaos yang dijual di pusat perbelanjaan atau toko-toko memang menarik. Namun terkadang karena ada beberapa merek yang hanya menyediakan satu ukuran, tidak jarang mereka yang memiliki tubuh kecil kesulitan mendapatkan kaos yang sesuai dengan ukuran tubuh mereka.

Pada umumnya produsen kaos telah menyediakan beberapa macam ukuran kaos (M,L, XL, S) dari satu model kaos yang mereka jual. Namun karena permintaan pasar yang besar, tidak jarang mereka yang sebenarnya mencari ukuran M kehabisan dan pihak toko atau penjual hanya menyediakan ukuran XL atau L.

Tidak jarang juga, saat berbelanja di mall, anda melihat kaos polos dengan harga murah atau harga promosi, namun ukuran yang tersedia hanya ukuran besar. Atau saat membeli kaos terburu-buru, dan tidak sempat mencoba kaos tersebut, sesampai di rumah baru anda menyadari kaos anda ternyata terlalu besar.

Tidak perlu khawatir menghadapi masalah itu. Ada tips dan trik yang bisa dicoba untuk mengecilkan ukuran kaos. Tidak terlalu ribet dan tidak juga mahal. Semua bisa dilakukan sendiri, serta tidak perlu keluar rumah karena bahan yang diperlukan ada di dalam rumah.

  1. Siapkan Air panas.  Masak satu panci air, sampai mendidih. Produsen kaos sering meregangkan kain bahan kaos mereka sampai maksimal untuk mendapatkan jumlah produksi yang maksimal.  Misalkan 1 lembar kain bisa digunakan untuk membuat ratusan kaos polos. Memasak atau merendam kaos berbahan cotton di air panas bisa membantu mengembalikannya ke ukuran aslinya, sebelum direnggangkan secara maksimal di pabrik.

Jika anda malas untuk mengecilkan kaos anda tidak ada salahnya membeli kaos pre-shrunk , yang menggunakan bahan yang lebih dulu disusutkan untuk dipakai sebagai bahan kaos. Kaos jenis ini sudah umum di pasaran.

  1. Saat Air mendidih angkat panci dan rendam kaos. Semakin hangat air, semakin besar penyusutan yang dialami kaos tersebut. Jika Anda ingin kaos polos anda menyusut sekitar 1-2 ukuran, masukkan baju segera setelah panci diangkat dari kompor. Jika Anda ingin kaos anda menyusut sekitar 1/2-1 ukuran, tunggu 5 menit sebelum memasukkan kaos. Jika ingin kaos menyusut sekitar 1/4-1/2 ukuran, tunggu 10-15 menit sebelum memasukkan kaos.
  2. Rendam kemeja selama kurang lebih 5 menit. Waktu perendaman sebenarnya tergantung pada seberapa besar anda ingin mengecilkan ukuran kaos anda. Semakin lama direndam dalam air panas maka akan makin kecil ukuran yang didapat.
  3. Angkat dari air dan biarkan. Biarkan kaos sedikit dingin sebelum memegangnya. Hati-hati dengan suhu kaos. Yang tentunya masih panas saat diangkat.
  4. Keringkan kaos di udara terbuka. Setelah kering cek besar kaos. Jika ingin mengecilkan lagi ukuran kaos, anda bisa mengeringkan kaos dengan pengering pakaian.