Cara seru belajar dengan kaos polos

IMG_1737.JPG

Belajar adalah proses penting dalam awal pertumbuhan seseorang. Sayangnya, bagi beberapa orangtua, hal ini sering berjalan kurang sesuai dengan harapan. Jika Anda salah satunya, maka kaos polos, bisa jadi awal yang baik untuk memulai proses belajar dengan cara yang seru dan kreatif.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan kaos polos sebagai media pembelajaran. Diantaranya mengajari anak mengenal aneka warna. Dalam sebuah penelitian di Eropa, metode belajar dengan menggunakan warna dipercayadapat meningkatkan perbendaharaan kata anak. Seperti warna kuning yang merujuk pada matahari, biru pada laut, atau merah untuk apel. Nah daripada kaos polos Anda ‘nganggur’ di rumah dan tak terpakai, lebih baik digunakan untuk mengajar anak-anak tentang aneka warna. Warnanya yang polos memudahkan si kecil untuk memahami nama-nama warna tanpa menjadi bingung karena melihat banyak warna dalam sebuah kaos.

Selain belajar tentang warna, kaos polos sebagai media pembelajaran juga dapat menggantikan buku gambar sebagai kanvas untuk berlatih menggambar atau menulis. Hal ini memberi anak kebebasan untuk berkarya, yang pasti akan semakin memicu kreativitasnya. Mereka akan menyadari bahwa kreativitas tidak harus terbatas pada kertas dan pensil, tetapi dapat berkembang ke berbagai media baru yang ‘out of the box’. Anda juga tak perlu takut dengan kondisi berantakan yang akan dibuat anak saat mencoba ‘berkarya’ dengan kaos polosnya. Seperti yang dikatakan oleh salah satu slogan iklan sebuah sabun cuci, “kotor itu baik”, karena kotor membuat anak belajar lebih banyak.Meski anak akan belajar dengan lingkungan yang kotor (Karena cat), hasil gambar atau tulisan yang tertera di kaos akan memberi manfaat tersendiri jika dibanding buku gambar. Salah satunya, anak akan dengan bangga mengenakan kaos tersebut dan menunjukkan hasil karyanya ke orang lain, termasuk orangtua dan teman sepermainan mereka.

Selain digunakan sebagai media kanvas untuk menggambar, kaos polos juga dapat digunakan sebagai media belajar saat anak mulai tumbuh remaja. Dalam hal ini, anak (terutama perempuan) dapat belajar keterampilan lain, seperti menjahit dan seni kolase. Seperti menggambar di kaos, menempel ornamen dan hiasan lucu di kaos akan melatih kordinasi mata dan otak anak.Selain meningkatkan kreativitas mereka, cara ini juga akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi mandiri, dan tak mudah putus asa.

Banyak cara menjadi kreatif dengan menggunakan media kaos polos. Selain cara konvensional, dengan media ini Anda juga dapat mengenalkan teknologi lebih dini ke anak. Salah satunya dengan desain motif kaos dan mengenalkan mereka metode print kaos atau sablon kaos. Sebuah pelajaran sederhana berharga, namun bisa jadi manfaat besar dalam kehidupan seseorang dikemudian hari.