Tips Pilih Kaos Polos Untuk Olahraga Outdoor

IMG_1830.JPG

Memilih baju yang tepat, pada dasarnya susah-susah gampang, terutama untuk keperluan olahraga. Baju atau kaos polos berbahan dasar katun pada dasarnya lebih disarankan karena fungsinya yang maksimal dalam hal menyerap keringat. Permasalahannya, apakah hanya bahan yang perlu diperhatikan?

Pernahkan Anda merasa sangat kegerahan saat berjalan di siang hari? Sementara mungkin ada orang yang dengan santainya berjalan meski berada tak jauh dari Anda. Bukan karena baju dan bahan bajunya yang berpengaruh, bisa jadi hal ini dikarenakan warna pada kaos Anda yang sifatnya memang menyerap panas.

Hal ini membuktikan, ternyata bahan kaos polos berbahan dasar katun saja tidak cukup untuk keperluan berolahraga. Terutama jika hal ini Anda berlolahraga diluar ruangan dan berada dibawah terik sinar matahari secara langsung.

Dampaknya, panas yang terkumpul akan meningkatkan suhu pada tubuh, dan secara otomatis hal ini akan direaksi dengan produksi kelenjar keringat yang berlebihan. Meski hal ini biasa terjadi pada orang dengan aktivitas fisik minim, tapi kebanyakan hal ini dikarenakan warna dasar pada baju, seperti warna hitam dan beberapa jenis warna gelap lainnya. Bukan kenyamanan yang bisa Anda dapatkan, salah warna kaos justru akan membuat Anda bermandikan air keringat.

Umumnya warna hitam menyerap gelombang cahaya (panas) dan tidak memantulkan kembali. Hal ini yang mengakibatkan pakaian berwarna gelap lebih gerah saat dipakai di siang hari dibanding warna netral seperti putih. Hal ini juga berlaku di jenis kaos bermotif dengan bagian kaos polos berwarna gelap.

Lalu bagaimana dengan warna cerah yang lain, seperti biru atau kuning? Pada dasarnya, warna terbaik untuk berolahraga dibawah sinar matahari adalah putih. Karena umumnya kedua warna cerah ini sama seperti hitam dalam fungsinya menyerap panas. Meski demikian dalam hal penyerapan cahaya, warna kuning masih tak seberapa dibandingkan dengan warna hitam. Begitu juga dengan warna biru yang daya serapnya masih tinggi dibanding dengan warna kuning, tapi masih lebih rendah dibanding dengan warna hitam.

Hal yang sama juga berlaku dengan warna cerah lainnya dan kaos polos dominasi warna tertentu, semakin cerah atau semakin gelap warna umumnya memberi efek penyerapan panas yang hampir sama. Sementara kaos polos berwarna netral seperti putih lebih dianjurkan karena daya pantul cahaya yang tinggi dan daya serap panas yang rendah.